Friday, November 18, 2011

Why I Choose Management??

MANAJEMEN. Yup. Gue salah satu mahasiswa yang ngambil jurusan ini. Saat ini gue sedang menempuh S1 jurusan manajemen. Rencananya sih pengen konsentrasi manajemen keuangan ntar kalau udah semester 7. Gue cuma pengen sharing aja tentang jurusan ini. Mungkin banyak yang belum tau jurusan manajemen itu gimana sih ngapain aja and bla bla bla. http://www.smileycodes.info


Manajemen sendiri berasal dari bahasa prancis kuno menagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Jadi yaa tugas kita itu harus bisa mengatur segala kondisi dengan baik. Seperti 4 pilar manajemen yang harus kita ngerti (planning, organizing, controling, and directing). Kalau lo emang suka ngatur ngatur atau menempatkan sesuatu pada posisi yang sesuai bagusnya sih kalau lo ngambil jurusan ini. Jadi sesuai ma pribadi lo juga kan.

Fungsi manajemen itu sendiri merupakan elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Dan sarana yang bisa kita gunain itu ada 6M, yaitumen, money, materials, machines, method, dan markets. Ntar kalau lo beneran ngambil prodi ini lo bakal lebih ngerti kok tentang 6M itu.
Daaaannnnn... untuk peluang kerjanya sendiri itu cukup luas. Tapi saingannya juga gag kalah luas loh. Jadi lo harus punya skill juga yang buat lo beda dari saingan saaingan lo. Itu bakal berguna banget saat lo bersaing buat dapet kerja. Jadi nilai aja itu kurang bisa menjamin. Untuk kerjanya sendiri jurusan manajemen bisa dimana aja. Bisa di perusahaan, di instansi pemerintahan, mpe di rumah tangga pun bisa di gunain ilmunya. Jadi gag sia sialah ilmu yang udah lo dapet.

Kebanyakannya sih anak anak manajemen itu pada mau bikin usaha sendiri atau nerusin usaha orang tua mereka. Makanya banyak yang ngambil konsentrasi manajemen pemasaran. Kalau gue pribadi gue pengen bisa nguasain semua. Terutama masalah keuangan. Gue emang tertarik ma manajemen keuangan karna gue ngerasa enjoy aja kalau gue belajar manajemen keuangan dan pastinya gue seneng bisa ngatur ngatur duit. Hahahaha. Selain itu pertimbangan gue yaa ilmunya itu bisa di gunain di kehidupan sehari hari juga. Walau pun banyak yang bilang kalau manajemen keuangan itu susah karna kita harus berkutat dengan angka dan analisis keuangan tapi kalau emang udah niat pasti bisa kok. Yoi gag? Hehehe

Buat yang minat ma jurusan ini yaa siap siap aja buat sedikit pusing. Kata orang di luar sana jurusan ini pelajarannya gampanglah ceteklah gempillah. Eittsss coba dulu pelajarin apa yang kami pelajarin. keliatannya emang mudah tapi nyatanya itu gag semudah apa yang orang lain pikir. So yaa siap siap aja berkutat ma angka + materi yang cukup banyak dan harus pinter pinter ngomong lohh biar gag kalah saingan. Intinya, kalau lo emang suka ma ekonomi dan minat jadi manajer, pengusaha, perbankan, dll boleh di coba jurusan manajemennya. Oh ya sebelum milih liat liat juga yaa universitas + akredatisasinya.
http://www.smileycodes.info

0 comments:

Post a Comment