Saturday, July 23, 2016

Belajar Menjadi Muslimah Seharusnya

Hallooo guys
Assalamualaikum ^^
Kali ini saya mau sharing tentang bagaimana awal saya bisa menggunakan hijab atau jilbab.
Well, saya yang notabene (cielaahh notabene) adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas islam di Malang memang gak di wajibkan buat menggunakan hijab sih (buat kampus saya aja).
Saya pernah nanya ke teman teman yang udah senior disana, kenapa sih kok boleh gak menggunakan hijab? Padahal kan ini kampus islam yang biasanya emang mewajibkan mahasiswinya untuk menggunakan jilbab? Kata mereka sih karna emang kampus saya ini mahasiswa mahasiswinya berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara, jadi gak semuanya adalah orang muslim tapi banyak juga mahasiswa mahasiswi non muslim disana, dan memang yayasannya adalah yayasan berbau islam tapi untuk pendidikan tetap sama seperti kampus lain yang tidak mengharuskan semua mahasiswa dan mahasiswinya beragama islam. Meskipun begitu semua mahasiswa dan mahasiswi non muslim dapat perlakuan yang sama, ketika mereka memilih untuk berkuliah disana mereka harus mempelajari tentang agama islam seperti yang lainnya dan tentunya tidak disediakan matkul tentang agama mereka just agama islam.
Okee, balik ke topik yaa. Hehehehe. Jadi, awalnya itu karena saya KKN pada tahun 2013, dimana di kelompok KKN saya semua anggota perempuan harus menggunakan jilbab di setiap kegiatan, karna memang pada saat itu juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Saya jadi terbiasa tuh pake jilbab. Selama sebulan saya terus menggunakan jilbab. Banyak belajar juga dari teman teman yang lain yang memang udah lebih dulu menggunakan jilbab. Sampai ketika saya pulang ke Kalimantan saya menggunakan jilbab tuh Hehehe.

Setelah itu memang saya belum menggunakan jilbab secara permanen. Tapi saya menggunakan jilbab ketika saya keluar rumah meski kadang juga enggak. Wkwk. Kalau ibarat Sholat itu bisa di bilang bolong bolong deh.
Terussss,,
Masuk kuliah nih, pas KRSan ternyata saya udah harus menyelesaikan skripsi saya. Agak kaget sih saat itu tapi bersyukur juga Alhamdulillah bisa cepet. Kuliah kuliah kuliah sambil mulai nyusun skripsi itu amsih belum menggunakan jilbab nih sayanya.
Sampai akhirnya tahun 2014 lupa bulannya kalau gak salah sih bulan september deh kayaknya, waktu itu udah mulai risih dengan rambut, yang kalau kemana mana harus di tata rapi dulu dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama karna rambut saya lumayan panjang memang. Terus udah mulai malu dengan baju yang agak seksi. Yang kalau keluar kosan dulu biasa aja kalau cuma pake kaos sama celana pendek jadi agak risih dan memilih menggunakan baju yang tertutup dan celana panjang. Sampai mungkin karna merasa risihnya dan saya gak tau harus gimana saya potong rambut saya jadi pendek banget kayak rambut polwan gitu Hahaha
Besoknya saya bimbingan ke kampus dengan rambut pendek baru saya, disitu dosen pembimbing saya kaget juga, dia nanya "kenapa rambutnya di potong?" saya cuma jawab "gak papa bu, biar gak panas" sambil ketawa ketawa malu. terus, selama di kos kalau malam saya susah tidur saya suka belajar pake jilbab yang rapi gimana sih. Saya bereksperimen sendiri tuh di kamar. Coba coba pake ini pake itu model ini model itu sampai akhirnya saya putusin oke besok saya pake jilbab!!
Besoknya udah waktunya saya bimbingan lagi, saya menggunakan jilbab pagi itu. Saya masih ingat pertama kali saya ke kampus pake jilbab warna coklat dan pake jaket jeans saya luarannya. Lagi lagi dospem saya kaget tapi kali ini dia senyum ke saya pas saya baru masuk ruangan dosen, dia langsung bilang "wahh ayu pake jilbab, jangan di lepas yaa jilbabnya, bagus kamu pake jilbab" saya cuma senyum senyum aja. abisnya malu banyak dosen lain juga disana. Percaya gak percaya semenjak saya menggunakan jilbab Alhamdulillah skripsi saya berjalan lancar. Bisa lebih cepet selesai bahkan cepet banget malahan. Gak lama setelah saya memutuskan menggunakan jilbab saya di suruh dosen saya untuk daftar sidang. Padahal hari itu saya udah terlambat untuk daftar tapi dosen saya yang bantu merekomendasikan saya untuk bisa daftar sidang di periode itu. Allah memang luar biasa, nikmatNya itu gak akan ada yang bisa tandingi, pokoknya kun fayakun deh. Saya daftar sidang sbeagai peserta terakhir yang daftar di periode itu. Dengan beberapa ttd dosen yang masih harus saya kejar dan bisa menyusul khusus untuk saya. Dari pagi sampai sore saya di kampus ngurus itu semua. Hari sidang pun tiba, jadwal saya sebenarnya siang jam 13.00 wib tapi saya tiba tiba di hubungi kalau jadwal sidang saya di majukan jadi pagi jam 10.00. Kaget dong! Saya langsung buru buru ke kampus. Untungnya pagi itu saya udah siap dengan seragam kebangsaan dan almamater di kos temen saya yang dekat kampus. Begitu sampai kampus lantai 5 GKB 2, saya ternyata masih belum masuk karna ruangan sidang yang seharusnya saya gunain di pake sama peserta lain karna saya telat datang. Okedeh nunggu nunggu nunggu akhirnya sidang. Dan selama proses itu Alhamdulillah again perlakuan dosen dosen penguji saya baik baik semua. Saya tidak di persulit dan saya bisa menjawab semua pertanyaan yang di ajukan. Padahal dosen dosen yang nguji saya terkenal killer di fakultas ekonomi. Bahkan dosen dosen lain yang kenal saya juga perhatian sekali ke saya bantu saya dan lain lain. Saya memang di kerjain sih setelah sidang, saya gak langsung di kasih tau hasil sidang saya gimana lulus atau gak. Besoknya baru saya di suruh ke kampus dan di kasih tau kalau lulus, malah di kasih kotakan kue sama dospem saya. Dongkol sih Hahaha di suruh kekampus sampe kampus dia cuma ketawa trus nanya "kamu ngapain?" Ya Allah.
Abis gitu yudisium dan wisuda teman saya yang pake jilbab malah buka jilbab saya mutusin buat tetap pake jilbab saya.
Dan sekaraaannngggg, Alhamdulillah saya terus menggunakan jilbab saya untuk nutupi aurat saya. Masih banyak yang masih harus di perbaiki sih, insya Allah bisa terus lebih baik lebih baik dan lebih baik dari yang sekarang.
Hikmah yang saya rasakan sih, Allah itu akan selalu memberikan hidayah kepada umatnya di waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat. Jadi gak perlu di paksa. Hanya perlu di tunggu. Akan ada masanya risih sendiri sadar sendiri dan pada akhirnya akan bisa istiqomah jadi muslimah yang baik. Jadi agen muslim yang baik.

0 comments:

Post a Comment