Tuesday, November 29, 2011

Mengelola Komunikasi Massa: Iklan, Promosi Penjualan, Event, Dan Hubungan Masyarakat

MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI PEMASARAN YANG EFEKTIF
8 langkah dalam mengembangkan program komunikasi dan promosi total yang efektif. Komunikator pemasaran harus:
1.Mengidentifikasi audiens yang dituju
2.Menentukan tujuan komunikasi tersebut
3.Merancang pesan
4.Memilih saluran komunikasi
5.Menentukan total anggaran promosi
6.Membuat keputusan atas bauran promosi (Marketing Mix)
7.Mengukur hasil promosi tersebut
8.Mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran
Strategi Promosi di rumuskan menjadi:
1.Advertising
2.Consumer sales promotion
3.Trade Promotion and Co-marketing
4.Packaging, Point-Of-Purchase
5.Personal Selling
6.Public Relations
7.Brand Publicity
8.Corporate Advertising
9.The internet
10.Direct marketing
11.Experiantial Contact: Events, Sponsorship
12.Customer Service
13.Word of Mouth
Mengembangkan dan Mengelola Program Iklan
Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
            Ada 5 keputusan utama dalam mengembangkan program iklan yang dikenal sebagai “Lima M” :
         Misssion               : Apa saja tujuan Iklan tersebut?
         Money                  : Berapa banyak yang dapat dibelanjakan?
         Message               :  Pesan apa yang harus disampaikan?
         Media      : Media apa yang seharusnya digunakan?
         Measuremant : Bagaimana hasilnya harus dievaluasi?
Menentukan Tujuan Iklan
         Iklan Informatif : untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang produk baru atau ciri baru produk yang sudah ada.
         Iklan Persuasif : untuk menciptakan kesukaaan, preferensi, keyakinan, dan pembelian suatun produk dan jasa.
         Iklan Pengingat : untuk merangsang pembelian produk dan jasa kembali.
         Iklan penguatan untuk meyakinkan pembeli bahwa mereka telah melakukan pilihan yang tepat.
Memutuskan Angggaran Iklan
Ada 5 faktor yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran iklan:
         Tahap dalam siklus hidup produk: produk baru mendapat anggaran iklan yang besar guna membangun kesadaran dan mengupayakan pelanggan mencobanya.
         Pangsa pasar dan bisnis konsumen : merek berpangsa pasar tinggi biasanya membutuhkan lebih sedikit pengeluaran iklan, dengan hanya sekian persen dari penjualan, guna mempertahankan pangsanya.
         Persaingan dan gangguan : gangguan dari iklan yang tidak langsung bersaing dengan suatu merek akan memyebabkan kebutuhan iklan yang lebih besar sehingga dibutukan anggaran iklan yang tinggi.
         Frekuensi Iklan : Jumlah pengulangan yang diperlukan untuk menyampaikan pesan merek tersebut kepada konsumen mempunyai dampak tehadap anggaran iklan.
         Daya substitusi produk : Merek-merek dalam kelas komoditas (rokok, bir, minuman ringan) memerlukan iklan besar-besaran untuk membangun citra yang berbeda.
Mengembangkan Kampanye Iklan.
Untuk mengembangkan strategi pesan para pengiklan menempuh tiga langkah:
         Melahirkan dan mengevaluasi pesan
         Pengembangan dan pelaksanaan yang kreatif
         Tinjauan tanggung jawab sosial
Menetapkan Media dan Mengukur efektivitas
         Memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak
         Memilih diantara jenis-jenis media utama
         Mengambil keputusan mengenai waktu dan alokasi media
         Mengevaluasi Efektivitas Iklan
Promosi Penjualan Merupakan kampanye pemasaran yang dirancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa dengan lebih cepat dan lebih besar oleh konsumen atau pedagang.
Promosi penjualan terdiri dari:
         Promosi konsumen yang berupa sampel, kupon, tawaran uang kembali, potongan harga, cinderamata, hadiah, pengujian gratis, garansi, pajangan ditempat pembelian.
         Promosi perdagangan : potongan harga, dana iklan dan pajangan, barang gratis
         Promosi bisnis dan tenaga penjualan : pameran, kontes, dan iklan khusus
Tujuan Promosi :
         Menarik orang-orang baru untuk mencoba produk baru
         Meningkatkan volume penjualan
Keputusan dalam Promosi Penjualan:
         Menetapkan tujuan
         Memilih alat promosi konsumen
         Memilih alat promosi perdagangan
         Memilih alat promosi bisnis dan promosi tenaga penjualan
         Mengembangkan program
         Mengevaluasi program
Tujuan Event :
         Untuk mengindentifikasi sebuah pasar sasaran khusus atau gaya hidup
         Untuk meningkatkan kesadaran nama perusahaan atau produk
         Untuk menciptakan atau mengukuhkan persepsi konsumen tentang asosiasi citra merek.
         Untuk meningkatkan dimensi citra perusahaan
         Untuk menciptakan pengalaman dan membangkitkan perasaan
         Untuk mengungkapkan komitmen pada komunitas atau pada isu sosial
         Untuk menghibur klien utama
         Untuk memungkinkan peluang perdagangan atau promosi
Event yang ideal
         Audiensnya sangat cocok dengan pasar sasaran yang diinginkan
         Menghasilkan perhatian yang sangat menyenangkan
         Unik tetapi membebani banyak sponsor
         Memungkinkan event tersebut melayani kegiatan pemasaran
         Mencerminkan atau meningkatkan citra merek.
Mengukur Kegiatan Pensponsoran
Ada 2 pendeketan dasar untuk mengukur dampak kegiatan Pensponsoran:
         Metode sisi pasokan yang berfokus pada potensi paparan merek dengan nilai luasnya liputan media
         Metode sisi permintaan berfokus pada paparan yang dilaporkan kosumen.
Hubungan Masyarakat
Departemen Hubungan Masyarakat melaksanakan 5 fungsi:
         Hubungan pers : Menyajikan berita dan informasi tentang organisaasi tersebut dari sudut yang paling positif.
         Pemberitaan produk : mensponsori upaya untuk memberitakan produk-produk tertentu
         Komunikasi korporat : meningkatkan pemahaman tentang organisasi tersebut melalui komunikasi internal dan eksternal
         Lobi : Berhadapan dengan lembaga pembuat UU dan pejabat pemerintah guna mendukung atau menggagalkan peraturan per UU
         Pemberian saran : Memberikan nasihat kepada menajemen mengenai masalah-masalah public dan posisi dan citra pada masa-masa yang menyenangkan dan krisis.
Marketing Public Relation / MPR
Tugas-tugas MPR:
         Membantu peluncuran produk-produk baru
         Membantu memposisikan kembali produk yang sudah matang
         Membangun minat terhadap kategori produk
         Memengaruhi kelompok sasaran tertentu
         Membela pruduk yang telah menghadapi masalah public
         Membangun cirta yang tecermin dengan baik dalam produk-produknya
Alat-alat Utama dalam MPR :
         Terbitan
         Acara-acara
         Pemberian dana sponsor
         Berita
         Ceramah
         Kegiatan layanan masyarakat
         Media identitas
Keputusan Utama dalam MPR :
         Menetapkan tujuan pemasaran
         Memilih pesan dan sarana
Melaksanakan rencana dan mengevaluasi hasilnya 

1 comments:

ari wijayanti said...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional” Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah,
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : www.fastpaynasional.com Hp:081335640101


“Topi sekolah Termurah Se-Indonesia Full Bordir Rp.6000/Pcs”
Jual dan produksi topi sekolah dengan harga 6.000 , BISA Kirim Sample/Contoh.
Pembelian tanpa minim order melayani Seluruh indonesia ,
Menerima Agen DI Seluruh Indonesia
“Kontak Kami Jl.rajawali 26 RT.02 Rw.06 Punggul-gedangan-sidoarjo jawa timur(dekat bandara juanda surabaya)
www.produksitopisekolah.blogspot.com
Tlp.031-8014543 Hp:081335640101 PIN BBM: 73E658A2

Post a Comment