Friday, September 16, 2016

Biaya Hidup di Malang (Ala Mahasiswa)

Holaa...
Postingan kali ini saya pengen sharing tentang biaya hidup kita (kita??) kamu kamu yang mau atau mungkin lagi kuliah di Malang - Jawa Timur. Buat yang ngerasa ini penting dan perlu silahkan terus scroll ke bawah, buat yang ngerasa gak penting yaahh di close aja gak apa apa. Hehehe.

Well, sebenarnya biaya hidup di Malang itu gak terlalu mahal, apalagi untuk yang kuliah atau kerja tapi masih single. Bisa banget itu kalo mau hemat. PERTAMA, buat biaya kuliah di Malang itu perbedaan antara PTN dan PTS itu gak jauh jauh amat sih bedanya. Kebetulan saya dulu kuliahnya di salah satu PTS yang bisa di bilang gede di Malang. Biaya awal masuk disitu itu Rp 10 jt itu untuk jurusan Manajemen (karna saya pilihnya manajemen waktu itu) itu tahun 2010. DPP itu tiap tahun di kampus saya selalu naik. Jadi kalo tahun sekarang 2016 atau 2017 gak tau lagi deh berapa. Hehehe :p Enaknya di kampus saya itu DPP bisa di bayar cicil tiap semester kalo gak salah itu 3x apa 2x bayarnya. kebijakan sekarang saya kurang tau juga karna rektornya udah ganti juga, tapi kayaknya tetap sama kok.
Selain biaya DPP tadi biasanya kita ada juga biaya printilan untuk mahasiswa baru yaahh untuk kegiatan kegiatan kayak pesmaba, p2kk, dan lain lain. Kegiatan maba (mahasiswa baru yaa bukan mahasiswa basi) disitu emang lumayan banyak, ada yang universitas, ada yang fakultas, ada juga yang jurusan. Teruusss, tiap semesternya kita bayar SPP pastinya. Kalo dulu saya dari tahun 2010 sampai 2014 saya lulus itu biaya SPPnya kisaran 1,250 sampai 1,800 kalo gak salah (maaf agak lupa pokoknya sekitar itu lah). Biaya lain lainnya sih pasti ada aja terus apalagi yang ada praktikumnya kayak jurusan saya dan yang pasti biaya untuk persiapan sidang dan kelulusan juga ada dan lumayan biayanya (menurut saya) karna dengan biaya segitu kita gak di kasih toga jadi sistem sewa aja toganya kalo mau beli juga bisa tapi yaa bayarnya lebih mahal lagi. Gituuu.

KEDUA, biaya tempat tinggal di Malang itu relatif sih. Tergantung mahasiswa dan gaya hidupnya gimana. Ada yang ngontrak rumah ada yang ngekost dan ada yang milih buat tinggal di Rusunawa (Rumah Susun Mahasiswa) yang emang di sediain kampus dan letaknya di wilayah kampus. Kalau untuk ngontrak itu juga macam macam harganya tergantung lokasinya di perumahan atau di gang gang atau rumahnya agak jauh dari kampus atau di perumahan elit terus tergantung kondisi rumah juga biasanya. Kisaran harga yang saya tau dari teman teman sih sekitar 10 juta sampai 30 juta per tahunnya.Ada juga yang di bawah itu tapi jarang banget. Beruntung buat mahasiswa yang dapet kontrakan di bawah 10 juta dengan kondisi rumah yang lumayan dan aman (kayaknya tahun sekarang tambah susah deh nyari yang gitu hehehe). Pilihan kedua untuk mahasiswa di Malang (dimana mana juga sih) itu jadi anak kost. Harga kost kost an di Malang itu juga relatif banget tergantung fasilitasnya dan lokasinya juga, kisaran 350 ribu sampai 1,5 juta. Kalau dulu saya kost pindah sekali. Yang pertama itu di perumahan Bukit Cemara Tujuh yang lokasinya deket kampus pas depan kampus dan emang dikenal perumahan lumayan elit itu 2010 masih 450 ribu terus tiap tahun naik dan terakhir saya disana 2013 anak yang baru udah 600 ribu per bulannya dan biasanya kost di Malang di bayar per 3 bulan atau per 6 bulan dan ada juga yang per tahun. Ada sih yang per bulan tapi jarang juga. Kost saya udah full furnished jadi di kamar ada kasur lemari gede sama meja belajar dan tiap kamar ada sekring listriknya jadi amanlah untuk ukuran dormhouse atau kost an. Terus di luar kamar ada dapur di masing masing lantai ada musholla ada tempat nyuci baju tempat jemuran tempat wudhu udah free wifi dan free listrik air ada tv dan sofa santai ada ruang tamu buat kerja kelompok atau belajar bareng temen ada garasi ada rak sepatu ada teras yang enak banget buat duduk duduk santai, kamar mandinya ada banyak jadi gak perlu takut ngantri. Fasilitasnya oke lah dengan harga segitu. Apalagi pemandangannya juga enak langsung ke gunung arjuna jadi seger banget.
Kost saya yang kedua itu di daerah Candi Panggung. Itu letaknya di pusat kota. Kemana mana enak dan banyak mahasiswa dari berbagai universitas atau pun sekolah tinggi. Dengan fasilitas kamar mandi dalam, kasur, lemari, meja belajar dan kamar yang gak terlalu luas itu saya bayar dengan harga 750 ribu per bulan (tahun 2013/2014). Kamar mandinya udah pake shower dan kebetulan itu kost yang baru jadi masih bersih banget dan kita jadi penghuni pertama, ada fasilitas umumnya kayak dapur terus tv terus teras terus tempat jemuran sama kursi jati gitu yang lumayan gede. Oh yaa harga itu belum termasuk listrik, biaya listrik tergantung bawaan kita. Kalo yang harga 1 jutaan ke atas itu fasilitasnya lebih banyak kayak ada ac nya cctv dan lain lain. Tapi saya saranin gak perlu sih karna di Malang itu udah dingin mentok mentok beli kipas angin aja (saya aja gak pake kipas atau ac masih adem aja) jadi bisa lebih hemat biaya hidupnya ;)
Pilihan ketiga itu ada namanya Rusunawa atau lebih kayak apartemen mahasiswa (karna isinya mahasiswa kampus saya aja) itu setau saya lebih murah. sekamar bisa sendiri atau berdua. Ada kamar mandi dalam tempat jemur baju kasur dan lemari kecil gitu. Kamarnya gak terlalu besar tapi lumayan untuk mahasiswa yang gak mau jauh dari kampus terus lebih murah dari kost atau ngontrak diluar. Tapi disitu agak ketat. Buat yang suka nongkrong atau jalan gak di kekang pasti gak betah hehe karna ada jam malamnya dan di jaga satpam wkwk. Disitu disediain juga kayak tempat buat nerima tamu dan ada tv nya di sediain terus ada kantinnya juga. Harganya saya kurang tau pasti, dulu sih temen saya bilang sekitar 2 juta apa 3 juta an per tahun. Itu juga tergantung berapa orang di dalamnya biasanya kalo berdua beda sama sendiri.
Pilihan keempat itu ada apartemen (bukan yang di kampus). Di Malang dulu jaman saya kuliah gak banyak apartemen. Sekarang udah lumayan banyak katanya. Yang hits banget dulu itu apartemen suhat. Lokasinya strategis banget dekat dengan UB dan letaknya di tengah kota. Di sekitarnya banyak tempat makan warnet tempat ngeprint tempat nongkrong dll. Fasilitasnya? Banyak, sama kayak apartemen pada umumnya. Kalo mahasiswa biasanya sewa yang ukuran studio itu dulu tahun 2013/2014 sekitar 2,5 juta sampai 3 jutaan per bulan. Tergantung bagus dan biasanya furnished kamar apartemennya. Ada kamar mandi ada mini kitchen ada tv dll. Fasilitas luarnya ada kolam renang, fitnes, toko buat belanja yang ada mart mart nya itu, parkiran, security 24 jam yah kira kira gitu deh.
Pilihan kelima, numpang di rumah keluarga wkwk

KETIGA, biaya makan di Malang juga relatif. Tergantug kamu rakus ato gak (ups!). Bisa hemat ato gak. Bisa nahan diri dari godaan ngopi (istilah buat nongkrong disana) ato gak. Kalo saya dulu karna jarang masak biasanya ngabisin sekitar 500 ribu sampai 800 ribu sebulan buat makan dan bensin motor. Harga makanan di Malang itu murah banget kok. Dulu saya suka makan di depan kampus itu telor dadar sama nasi cuma 5 ribu doang sama es teh 2 ribu jadi cuma 7 ribu sekali makan. Di tempat prasmanan yang nasinya sepuasnya ngambilnya itu paling mahal saya ngabisin 8 ribu sampai 10 ribu aja. Udah kenyang banget itu (alhamdulillah) dulu kuliah beli makan paling siang sama malam aja. Kalo pagi udah nyetok di kamar sih hehehe ada roti susu dan kawan kawan. Saya juga pernah catering gitu dapet makan 2x sehari itu 300 ribu sebulan. Tapi cuma 2 bulan aja saya berenti soalnya bosen menunya jadi milih beli makan di luar aja. Kalo nongkrong tergantung tempatnya, ada yang murah dan ada yang mahal juga. Tapi banter banter mahal juga masih mahalan disini wkwk. 50 ribu udah bisa nongkrong di tempat asik oke cozy dan makanannya enak, kalo disini segitu mah bisa jajan ringan aja :p

KEEMPAT, biaya hiburan. Di Malang itu terkenal dengan banyaknya tempat wisata. Dalam sebulan bisa banyak kali mahasiswa disana jalan jalan ke tempat wisata yang ada di Malang setan di kotanya maupun di Batu atau kota kota sekitar Malang. Kalo bisa hemat sih trip nya gak ngeluarin banyak biaya juga. Saya ke gunung bromo sama teman teman naik motor itu cuma ngeluarin 150 ribu. Itu udah tiket masuk beli sarung tangan naik kuda patungan bensin makan jajan. Kalo ke tempat wisata di Batu tergantung tempatnya kalo yang wisata alam murah kisaran 10 ribu sampai 25 ribu per orang. Kalo kayak Jatim Park, BNS dll itu sekitar 50 ribu sampai 100 ribu tiket masuknya. Yang gratis? ada, di alun alun Batu atau di alun alun Kota Malang. Kalo wisata pantai nya lebih murah lagi sekitar 5 ribuan per orang tiket masuknya. Yang suka belanja di malangada beberapa mall gede yang bisa goda banget buat belanja, boutique ato toko toko juga betebaran, keluarin duitnya tergantung gaya hidup masing masing, kalo saya lebih ke toko buku stationery toko baju cari yang diskonan wkwk. Kalo mau nonton juga kisaran 25 ribu sampai 75 ribu tergantung dimana (ada 21 ada di sarinah yang VIP), harinya, studionya. Kalo dulu saya suka nomat, nukar poin telkoms*l bisa nonton gratis tiap jumat ato nontonnya senin bisa lebih murah cuma 20ribu. Hiburan paling hemat terakhir yaa nongkrong aja di perpus kampus ato di kamar kost nonton online, wifian, chat sama teman, telpon keluarga, ato TIDUR. Hehehe

KELIMA, biaya keperluan kampus. Sebagai mahasiswa pasti kita akan sering berkutat sama tugas yang gak ditulis tangan (jurusan saya gak tau yang lain), jadi butuh banget yang namanya printer, fotokopi, jilid jilid an, kertas folio dan itu bi a ya. Gak mahal sih. Di malang biaya nge print itu sekitar 250 sampai 500 rupiah. Fotokopi 100 sampai 200 rupiah. Kertas folio biasanya saya beli 1 pack jadi murah. Jilid jilid tergantung jilid untuk apa dan tebalnya segimana tapi murah kok. Kalo untuk tugas kuliah aja paling 2000 sampai 10 ribuan paling mahal (dulu 2010-2014 gak tau sekarang). Kalo untuk buku kuliah biasanya saya cari ke pasar loak buku gitu. Ada buku bekas ada yang baru. Dan yang paling penting, MURAH! kalo gak ada biasanya baru saya cari ke toko buku gede ato di bookstore kampus saya.

Kayaknya itu aja sih yang bisa saya sharing sekarang. Kalo untuk sekarang mungkin udah sedikit berbeda tapi gak jauh jauh amatlah pasti ;) Semoga bisa berguna yaa buat yang mau kuliah di Malang buat jadi pandangan biaya hidup disana hehehe 

3 comments:

Iffah Hafizhah said...

thank s infonya,, jadi pengen kuliah di malang ;)

Izzat Zakia Ridwan said...

sama sama :) semoga bermanfaat yaa

bagas nur rahman said...

Bermanfaat banget infonya

Post a Comment